Find Me On!

Facebook  Twitter  Instagram Gmail

Wednesday, January 30, 2013

Perhitungan Umur Di Korea



Holaaaaahop....
Kali ini mau bahas tentang perhitungan umur dikorea. Yuk ah ! Cuussss....
          Pasti bagi kalian pecinta Korea sudah tahu akan hal ini (perbedaan umur di Korea) tapi masih bingung dengan perhitunganny Ya kan ??. Mengapa dikorea umur 11 tahun jadi 12 tahun? ... kenapa Taemin tahun ini udah 21 tahun? dan kenapa juga Sehun manggil KAI dengan sebutan ‘Hyeong’ ()? padahal kan mereka lahir ditahun yang sama ?!?! ini adalah segelintir pertanyaan gue sebelum akhirnya gue menemukan info tentang perhitungan umur dikorea.
          Tapi sebelum masuk ke pembahasan, kali ini gue mau berterima kasih sama  Korean Drama Lovers.. karena eh karena info tentang perhitungan umur di korea ini gue dapet dari Fanpage itu.
          Oke lanjuutt...... Di Korea umur itu menjadi suatu hal yang cukup  penting  dan menentukkan banyak hal misalnya aja nih istilah dalam keluarga / pertemanan / senioritas maupun  tata krama. Jadi kita ngga bisa sembarangan manggil orang dengan hanya menyebut namanya saja apalagi memanggil dengan menunjukkan ciri fisik misalnya ada orang pendek lewat depan muka lo terus lo mau manggil dia tapi lo ngga tau namanya jadi lo panggil “EH!! KATE SINI LO !??!!!?” nah palingan juga langsung dibakar lo sama orang itu, ya walaupun orang itu emang bener pendek, tapi harus ada tata kramanya apalagi kalo orang itu ternyata lebih tua dari lo  (ini bercanda).
Berikut adalah beberapa kasus dan perhitungan umur dikorea 

1.  Baru Lahir sudah 1 Tahun
        Perhitungan umur di Korea pun ngga sama dengan di kita (indonesia).  Contohnya gini : Jo Kwo dan I Neum lahir pada tanggal 11 September 1996, nah di Indonesia kan umur mereka sekarang 16 menjelang 17 tapi di Korea umur mereka sudah 18 tahun. Lho ? Kok bisa gitu?  Oke Jadi gini... di Korea waktu kita lahir itu kita sudah 1 tahun.| kok gitu ? seenaknya aja baru lahir masa udah 1 tahun ? emang lo siapa ? TUHAN ? yang bisa ganti-ganti umur orang ?? hah ???!!? | -_____- oke tenang dulu.. 1 tahun itu dianggap sebagai usia didalam kandungan Ibu kita , ya walaupun ibu kita mengandung cuma 9 bulan atau ada juga yang sampe 10 bulan aja tapi tetep diitung nya 1 tahun. Inget ! 1 TAHUN . Jadilah bayi yang baru lahir itu umurnya 1 tahun. Jadi ngitungya kalau umur asli kita 15 jadinya 16, 17 jadi nya 18. Gituu deeh.. Lho kok tapi I Neum sama Jo Kwo kan belom ulang tahun? Ulang tahunnya juga masih lama, kok udah 18 tahun aja ????| oke untuk masalah ulang tahun lanjut ke point ke 2...

     2. Tahun Baru Lunar (Ulang Tahunnya Warga Korea)
            Kalo gue cari di internet Tahun Baru Lunar itu kaya Imlek (atau emang imlek?) jadi setiap Pergantian tahun Baru Lunar (루날) umur SEMUA orang Korea ditambahkan 1 tahun dalam artian bahwa pas tahun baru lunar datang, semua orang korea ber ulang tahun, jadilah umur mereka bertambah. Tapi  nanti begitu saatnya ulang tahun (sesuai dengan hari lahir), usia kita ngga ditambah lagi karena udah ditambahkan pada waktu tahun baru Lunar. Lunar year tahun ini jatuh pada tanggal 10 februari. (kalo ngga salah)
Contohnya lagi nih : Tau kan Jo Kwo dan I Neum yang di poin pertama? Dalam umur korea mereka sekarang berumur 17 (inget poin pertama) . Sebelum 10 Februari, mereka masih 17 tahun tapi mulai tanggal 10 Februari nanti Jo Kwo dan I Neum dianggap berusia 18 tahun. Nah nanti pada tanggal 11 September 2013 pas mereka merayakan ulang tahun, mereka tetap 18 tahun. Gak nambah lagi umurnya. Ngerti kan ???.

            Orang Korea menggunakan umur sebagai patokan tata krama dan bahasa yang harus digunakan. Beda tahun dengan.cuma.hanya bulan atau bahkan MENIT (tolong ini digaris bawahi) bahkan MENIT pun sangat menentukan. Mereka harus menyebut orang yang lebih tua dengan sebutan tertentu. Sebutan tersebut dikenal sebagai Kinship Terms (istilah kekeluargaaan). Beberapa istilah kekeluargaan paling sering kita temui di dunia fandom Korea contohnya Oppa, Hyeong, Eonni, Nuna ada juga seonbae/seonbanim (senior) dan hubae (junior) untuk seonbae dan hubae ini istilah tingkatan profesi/ di sekolah. Kinship jenis Eonni, oppa dan Hyeong juga bisa dipakai untuk orang yang bukan satu keluarga tetapi dekat/akrab, contohnya aja nih karena gue deket sama Tiffany SNSD gue manggilnya Tiffany eonni atau lebih akrab nya lagi fanni eonni, tapi kalo gue manggil seohyun cukup dengan Seohyun sshi, itu artinya gw ga kenal sama seohyun tapi manggilnya dengan sopan. Terus Kalo gue manggil Sulli harus degan embel-embel ‘seonbae’ jadinya “Sulli Seonbae!!!” gitu.. ya lo tau kan gue itu adik kelasnya sulli. Oke iya-in aja.
“Terus mon gue kan udah ngerti nih kenapa dikorea ditambah 1 umurnya... tapi kok ada member dari idol group yang Lahir di tahun yang sama tapi mereka tetep ngeggunain Kinship Terms kaya ‘hyeong’ gitu mon, itu kenapa??” | Oke gue akan jawab di Point ke 3.





    3.  MMS (Musim Masuk Sekolah)
            Ada kasus yang terjadi kaya gini.. beberapa idol grup yang lahirnya cuma beda bulan kaya tadi KAI lahir 14 januari 1994 sedangkan Sehun lahir 12 April 1994 , tapi sehun manggil KAI dengan sebutan Hyeong. Contohnya lagi kyuhyun lahir 3 Februari 1988 manggil ryewook (21 Juni 1987) dan kibum (21 Agustus 1987) ga pake hyeong padahal tahun lahir nya kyu lebih muda. Nah.. kalo kasus kaya gitu terjadi bukan hanya karena beda bulan atau tahun saja tapi lebih ke (MMS) Musim Masuk Sekolah. Di Korea musim masuk sekolah adalah Bulan Maret jadi setiap anak yang berusia 6 tahun sebelum maret boleh masuk sekolah, sedangkan yang belum 6 tahun / lahirnya setelah bulan maret misalnya april, juni dll belum boleh masuk sekolah, masuknya maret tahun depan, itulah kenapa Sehun harus manggil KAI ‘Hyeong’. Karena kalau dijabarin tuh kaya gini, KAI sama sehun emang lahir di tahun yang sama tapi KAI Masuk sekolah lebih dulu daripada Sehun, jadi kalo disekolah itu KAI Seonbae (Senior) nya Sehun dan artinya mereka ngga seumuran (tonggap). Orang-orang yang bisa dibilang seumuran sama KAI adalah orang-orang yang lahirnya bulan maret 1993 -Februari 1994 . Sedangkan kasus Kyuhyun Kebalikan dari kasus KAI-Sehun, tahun mereka bertiga (KYU-RYE-BUM) emang beda tapi mereka masuk sekolahnya bareng jadilah mereka itu seumuran.

Kesimpulannya adalah umur orang korea itu ditambah satu tahun dari perhitungan umur internasional/ pada umumnya, karena apa ? ya karena waktu kita lahir , kita sudah berumur 1 tahun. Dan ngerti kan kenapa umur Jo Kwo sama I neum tahun ini 18 padahal mereka lahir tahun 1996 dan belum ulang tahun pula???, lalu tau juga kan kenapa ada orang yang lahir tahun nya sama tapi harus memakai istillah tingkatan kekeluargaan Sudah sampa disini dulu curhatnya semoga bermanfaat  안녕히

17 comments:

  1. AnonymousJuly 25, 2013

    Subhanallah. Ribet.

    ReplyDelete
  2. hahaha.. :P
    thanks.. sgt bermanfaat!

    ReplyDelete
  3. thanks infonya ^^
    ini yg kucari2 akhirnya nemu.

    Izin share di wordpress ku yaa ^^

    ReplyDelete
  4. aku baru tau ada yg comment hehe iya sama-sama

    ReplyDelete
  5. Tapi begini,aku dan jello bap seumuran dan beza birthdate kami hanya 1 hari mean aku: 16/10/1996 dan Jello: 15/10/1996.Jadi aku harus memanggil Jello bagaimana?untuk kelihatan sopan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu artinya kamu chingu sama zelo, untuk sopan ya kamu panggil dia dengan sebutan -ssi (zelo-ssi) tapi kalo lebih akrabnya bisa dengan -ya (zelo-ya) :D

      Delete
  6. Alhamdulillah... Ribet ya!! Tapi dah paham koq. Tks infonya, sangat bermannfaat

    ReplyDelete
  7. Tapi gini lo .. jungkook kan lahir 1 september 1997, terus kenapa umur dia sekarang(26 desember 2015) 20 tahun ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu dapat info dari mana? setau aku kalau dia lahir tahun 1997 pasti sekarang masih berumur 19 tahun (umur korea) sekarang ini. Contohnya saja yeri redvelvet (1999) dia mengatakan di weekly idol umurnya 17 tahun, irene(1991) 25 tahun. Coba di cek kembali

      Delete
    2. Tahun ini jungkook 19tahun kok, tahun depan baru 20tahun.

      Delete
  8. Berarti yang bisa di bilang tonggap sama sehun yang lahir bulan maret 1994 sampe februari 1995 gitu dong yah?

    ReplyDelete
  9. hahaha, kalo di jakarta mah beda usia 3 sampe 4 tahun aja masih pake gue-elu yee nyooo

    ReplyDelete
  10. menarik jg ya.. sedikit ribet berarti kai sm gw beda 2 tingkat dong,pdhal cm beda 1 thn 2 bln :D

    ReplyDelete
  11. AnonymousJuly 21, 2016

    Berarti ceritanya diriku yang januari 98 ini seumuran dengan jungkook dong ��

    ReplyDelete