Find Me On!

Facebook  Twitter  Instagram Gmail

Saturday, January 12, 2013

Cari Tahu Jenis Kulit Wajah Kita Yukk !!


Hello Hola J

          Perempuan usia puber itu emang lagi ngebet-ngebetnya pakai pembersih wajah selain karena tuntuan supaya wajah telihat lebih bersih , perubahan hormon yang ga stabil pada saat menstruasi yang menyebabkan namanya J.E.R.A.W.A.T  muncul itu juga bisa jadi salah satu faktor kita untuk menggunakan pembersih wajah





Nah berikut ini saya akan memberitahu cara bagaimana memilih pembersih wajah yang sesuai dengan kulit wajah kita, karena kalau kita salah memilih produk pembersih wajah kan ga asiik... wajah tetap terlihat kusam dan ada jerawat meskipun udah di bersihin pakai pembersih wajah. Jadi saya akan kasih tau cara memilihnya.  Ini saya kutip dari majalah kawanku edisi 109 yang saya beli sekitar satu setengah tahun yang lalu, karena tips ini saya jadi tahu jenis kulit saya dan pembersih wajah apa yang cocok untuk saya. Karena dulu sempat gonta ganti pembersih wajah karena masalah jerawat terus saja datang, tapi setelah menemukan tips ini sudah tidak lagi... 



Langkah pertama adalah cari tau dulu kulit wajah kita itu jenis kulit apa, berminyak kah? Kering kah? Atau kombinasi keduanya ? kalau kalian bingung untuk menentukannya saya kasih pertanyaan-pertanyaan yang wajib kalian jawab, siapin kertas dan pulpen/pensil  yah. Oke ? siap ? ini diaaa....

1.       Sehabis cuci muka dengan facial foam, kulit wajah kita terasa ?
a.       Kencang
b.      Bersih, Nyaman.
c.       Kering dibeberapa bagian wajah.

2.       Apa sih yang kita rasakan kalau membersihkan wajah dengan krim pembersih (pelembab)?
a.       Halus dan lembut.
b.      Terasa Sangat Lembab.
c.       Lembab Sekitar hidung, halus sekitar pipi.

3.       Sehabis pakai toner, kulit kita terasa ?
a.       Agak panas, dan terasa perih.
b.      Segar.
c.       Segar tapi sedikit perih.

4.       Seberapa sering kita jerawatan ?
a.       Hampir ngga pernah jerawatan.
b.      Lumayan sering
c.       Lumayan Sering terutam sekitar daerah Dahi, hidung dan dagu.

5.       Biasanya jerawat lebih sering tumbuh disekitar ?
a.       Bisa dimana saja.
b.      Pipi
c.       Dahi , hidung dan dagu.

6.       Saat bangun pagi dan berkaca kulit kita terlihat ?
a.       Halus dan terlihat kerutan.
b.      Mengkilap.
c.       Mengkilap dibagian dagu dan kening.

7.       Ambil kertas minyak dan tempelkan dibeberapa bagian wajah, dan dibagian daerah mana sih yang paling banyak terserap minyak ?
a.       Hanya sekitar hidung
b.      Hampir semua bagian wajah
c.       Di sekitar hidung dahi dan dagu.

8.       Saat berada diruangan ber-AC kulit kita terasa ?
a.       Kaku dan kencang.
b.      Nyaman.
c.       Kaku disekitar pipi.

9.       Tekan bagian pipi dengan dua jari, kemudian tahan selama beberapa detik, reaksi kulit kita ?
a.       Ada bekas kemerahan, terkadang jadi membekas.
b.      Biasa saja.
c.       Ada bekas kemerahan dan langsung hilang kemudian.

10.   Ketika melakukan aktivitas dibawah terik matahari, kulit muka kita terlihat ?
a.       Kemerahan dan kusam.
b.      Kusam dan mengkilap.
c.       Kemerahan dam mengkilap.

11.   Coba lakukan senam wajah sederhana dengan menyebutkan A-I-U-E-O kulit kita terasa ?
a.       Kencang seperti tertarik.
b.      Nyaman.
c.       Kaku dibagian pipi.

  
Nah itu tadi beberapa test nya dan inilah hasilnya......

 Jika kalian lebih banyak memilih A

Maka kulit kalian termasuk jenis kulit kering. Dan cocok menggunakan produk pembersih wajah Ponds.
Ini ciri-ciri kulit Kering :

a.)       Sehabis cuci muka kulit terasa kencang dan kaku.
b.)      Kulit terlihat tipis sehingga disekitar pipi terlihat urat atau pembuluh dara halus.
c.)       Pori-pori kulit hampir enggak terlihat atau muncul.
d.)      Kulit terasa halus saat disentuh.
e.)      Cenderung sensitif, sering kali terjadi iritasi seperti kemerahan.

Jika kalian lebih banyak memilih B

Maka kulit kalian termasuk jenis kulit Berminyak. Dan cocok menggunakan produk pembersih wajah Clean and clear.

Ciri-ciri kulit berminyak:

a.)       Pori-pori terlihat lebar.
b.)      Terlihat mengkilap dan kusam.
c.)       Kulit terasa kenyal dan sedikit kasar.
d.)      Biasanya berjerawat dan terdapat komedo.

Jika kalian lebih banyak memilih C

Maka kulit kalian termasuk jenis kulit kombinasi. Dan cocok menggunakan produk pembersih wajah Nivea.

Ciri-ciri Kulit kombinasi:

a.)    Pori-pori kulit terlihat normal, tidak terlalu lebar.
b.)    Telihat kering disekitar pipi dan berminyak disekitar daerah T.
c.)     Kulit terasa halus disekitar pipi dan kasar sekitar hidung.


26 comments:

  1. Ane banyak jerawat gan gimana atuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo! setelah dicek kulit kamu yg seperti apa?

      Delete
  2. kulit wajah saya termasuk yang kombinasi mba, kira"pembersih muka apa yang harus saya pakai . nivea men ?? tapi nivea men yang mana ?? kan ada banyak jenisnya.bisa kasi contoh gambarnya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu tinggal lihat aja, disetiap kemasan kan ada yg khusus untuk memutihkan/whitening, acne/jerawat, nah kamu tinggal pilih kira2 kamu butuh yang mana :)

      Delete
    2. AnonymousJuly 03, 2016

      mbak saya mau nanya, mohon dijawab.
      jadi kulit aku tuh sensitif banget kadang suka berasa merah dan kotor bgt tp kadang mendingan, ga menentu gitu, padahal yg aku lakuin sama2 aja. trus hidung dan pipi ku merah pdhl yg lainnya enggak. itu kenapa ya?

      Delete
  3. Di hidung saya bintik2 gituuu..
    Cocok nya pakai pa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasil tes kamu, kulit kamu tipe apa? bintik2 itu seperti komedo? ya kamu cari pembersih yang untuk menghilangkan komedo, tapi pengalaman saya dengan komedo kalo tidak sering cuci muka, mau pakai pembersih apapun tetap aja sama. komedo itu bisa dihilangkan dengan cara alami ataupun perawatan, karena pembersih wajah itu tidak selalu bisa benar2 menghilangkan komedo, karena tujuan pembersih muka yang ada dipasaran hanya untuk membersihkan kulit luar muka saja agar sehabis aktifitas wajah kembali bersih^^

      Delete
  4. Kalo saya mempunyai kulit berminyak and berkomedo yaitu Blackhead and Whitehead cocok pakai pembersih apa ya biar semua keluhan tdk kembali lgy d wajah and bisa bersih..,mksh"??

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah di cek dengan test di atas kamu termasuk tipe kulit berminyak, utk pembersihnya ya pakai clean n clear. tapi balik lagi dengan diri kamu sendiri bahwa pembersih saja memang tdk cocok harus dibarengi dengan rajin2 mencuci muka sehabis aktifitas diluar. Sesekali maskeran. :)

      Delete
  5. Kulit aku kusam bangetttt, berminyak bangettttt diTZone, berkomedo bangetttt diTZone, pipi aku tipis terlihat urat merah merah yang sedikit menggelikan, jarang jerawatan tpi klo jerawatan seringnya di luar TZone. Bingung jenis kulitku apa -_- bisa bantu recommend produk yang kira kira cocok sama kulit aku gak? makasih sebelumnya😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, sepertinya kulit kamu kombinasi coba pakai produk nivea :)

      Delete
  6. Saya malah bingung mba kulit saya jenis kulit apa, udah panas "n berminyaknya luarbiasa apalagi bagian hidung, sekalinya di cuci langsung seger sedikit kencang, tapi kalo kseringn malah kering dan kemerahan kaya iritasi, padahal pake cuma 1x sehari. dikit " timbul jerawat, dan bekasnya itu yang bandel, ampuun daah --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya untuk kulit berminyak pakai clean n clear, hindari pembersih wajah yang saat setelah diaplikasikan membuat wajah terasa kencang. Justru itu yang tidak bagus.

      Delete
  7. Sis kulit q berminyak q pingin pkai produk clean and clear..tp kan banyak jenis dan warna nya..q harus pkai yg mn..tolong kasi tau yg lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya pakai produk clean n clear yang warna biru tube, deep action cleanser. :) itu sangat aman saya hampir tidak ada jerawat. Dan berminyakpun tidak banyak, ya sewajarnya saja. Untuk menghilangkan minyak bisa memakain toner dan pelengkapnya. Saya lupa karena sudah lama juga sudah berhenti pakai pembersih wajah yang ada dipasaran.

      Delete
  8. Kulit saya berminyak dan saya memakai ponds warna pink untuk pencuci sekaligus pelembab, jerawat pun jarang muncul dan bekas jerawat hilang secara perlahan demi perlahan tapi ketika saya berada di ruangan/lingkungan yg panas minyak diwajah saya langsung muncul padahal saya kira saya cocok memakai ponds dan suatu hari tmn saya menyarankan saya untuk memakai clean n clear, setelah dicoba kulit terasa kenyal dan segar. Untuk pelembabnya saya memakai ponds pink dan untuk bedaknya saya pakai pixy, setelah berhari* memakai produk itu timbul beberapa jerawat yg amat sangat besar dan saya panik karena baru pertama kalinya mendapatkan jerawat seperti itu. Saya pun menghentikan pemakaian produk itu dan pergi ke dokter kulit, di situ saya dikasih beberapa obat dan krim, sudah sebulan saya memakai produk dari dokter tapi ga ada hasilnya padahal ibu saya udah bayar mahal demi ituu T^T hiks btw, umur saya baru 17thn. Lanjut hehe, setelah itu saya memakai ponds kembali dan baik jerawat atau pun bekasnya hilang secara perlahanperlahan tapi saya kurang pd ketika berada di ruangan/lingkungan yg panas karena itu dpt menampakan muka saya yg over-oil(?) Dan akhirnya saya memutuskan untuk tidak memakai produk apapun, berharap kulit saya akan baik* saja, ternyata jerawatnya kembali muncul dan besar* lagi, jujur saya capek dgn keadaan ini T^T tmn saya menyarankan pakai Clean n clear lagi aja tapi saya traumaa huhu T^T so, kaka yg cantik nan baik hati apa yg harus saya lakukan? Ada saran ga untuk saya? Maaf yaa kalo curhatan saya panjang ^^v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Saran saya dan sepengalaman saya yang mempunya kulit berminyak. Jangan pakai produk ponds. Bukan nya tidak bagus tapi memang untuk wajah yang sangat berminyak ponds kurang cocok. kamu bisa pakai clear n clear secara rutin. Lalu Coba kamu saat memakain produk clean n clear tidak dibarengi dengan pelembab ponds. :)

      Delete
  9. Mukaku agak sedikit berbinyak di bagian jidat, hidung dan dagu.. terus dipipi muncul banyak banget jerawatnya,di hidung juga kdng2 muncul jerawat yg kecil2.. dulu aku pake produk garnier,namun saya ganti karna gak ada perubahan, terus saya pakai pembersih produk clean n clear tapi ttp aja gak ada perubahan yg ada malah tambah banyak jerawat di pipi saya 😭.. mohon saranya kira2 pembersih wajah apa yg cocok.

    ReplyDelete
  10. Kulit wajahku berminyak di bagian T, dan di pipi ku tumbuh banyak banget jerawatnya, aku uda gonta ganti pembersih muka tapi ttp aja, jerawat di wajahku gak mau hilang di hidung juga kadang2 muncul jerawat yg kecil2.. mohon saranya kira2 pembersih muka apa yg cocok

    ReplyDelete
  11. tadi ak coba jawab pertanyaannya mbak trus ternyata hasilnya seri antara a dan c trus gimana donk mbak?? pake ponds ato nivea?? minta srannya mbak

    ReplyDelete
  12. Mba di jidat,deket kuping pipi bnyak jerawat kecil2 kaya bruntusan gitu pake apa ya yg cocok sabun muka;'(

    ReplyDelete
  13. Mba di jidat,deket kuping pipi bnyak jerawat kecil2 kaya bruntusan gitu pake apa ya yg cocok sabun muka;'(

    ReplyDelete
  14. dari kebanyakan yang saya jawab kulit saya termasuk kulit yang berminyak. dan seperti yang di anjur kan memakai clean and clear .. ya saya memakai produk clean and clear yang active clear acne marks cleanser.. tapi ko ga ada perubahan ya.. tetap aja muka ku msh ada bekas noda hitam dan jerawat di daerah pipi yang sering muncul.. gimana ya apakah slah memakai produk?

    ReplyDelete
  15. kak aku termasuk kulit kering, tapi aku masih umur 14 tahun, apakah gak terlalu berat kalau pakai ponds? mohon dijawab, jawaban kakak sangat membantu😊

    ReplyDelete
  16. Kak muka ku itu kalau habis cuci muka rasa nya kering terus nanti habis itu agak berminyak,kalo kayak gitu gimana ya kak??

    ReplyDelete
  17. Mba saya setelah pake garnier men kulit wajah saya kering dan kulitnya kaya terkelupas. Waktu memakainya rasanya segar dan agak perih. Cocoknya pake apa yah mbak..?

    ReplyDelete