Find Me On!

Facebook  Twitter  Instagram Gmail

Wednesday, May 8, 2013

Macam-macam Topologi Jaringan

Hey-Ho!! Salam IT !! ^^~

Ini postingan IT pertama gue jadi maaf kalo ketinggalan zaman banget isinya tapi apalah rugi nya jika kita berbagi ahaayde :)
Langsung aja Cekidot .........


Disini akan dijelaskan sedikit tentang macam-macam topologi :
   Toplogi adalah cara menghubungkan komputer satu dengan lainnya sehingga membentuk satu jaringan. Atau lebih singkatnya adalah Rancangan untuk menentukan berapa banyak kabel dan hub yang digunakan.

1. Topologi Bus adalah topologi yang menggunakan kabel tunggal/ kabel pusat dimana seluruh workstation dan server dihubungkan. 

2. Topologi Token Ring  dimana semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran/cincin.

3. Topologi Star adalah topologi dimana masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau HUB .kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus.

4. Topologi Tree yaitu Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung atau backbone.
5. Topologi Mesh adalah suatu topologi yang memang didisain untuk memiliki tingkat restorasi dengan berbagai alternatif rute atau penjaluran yang biasanya disiapkan dengan dukungan perangkat lunak atau software.




No comments:

Post a Comment